Home » » Tips Merawat Komputer yang Baik dan Benar

Tips Merawat Komputer yang Baik dan Benar

Written By Unknown on Monday, September 22, 2014 | 5:30 AM

BT (Bajang Tekno) ~ Tips Merawat Komputer yang Baik dan Benar - Komputer memang sudah menjadi prioritas masyarakat kita untuk membantu dan mempermudah pekerjaan kita. Tak heran jika banyak masyarakat kita yang lebih memilih komputer sebagai alat bantu untuk mempercepat dan mempermudah kegiatan. Salah satunya adalah membuat Dokumen dan Mengedit Video. Mulai dari masyarakat yang tingkat ekonominya tinggi hingga masyarakat yang tingkat ekonominya rendah sudah memiliki komputer di rumahnya. Terbukti bahwa komputer adalah Teknologi yang Terbarukan.

Tips Merawat Komputer yang Baik dan Benar
Merawat Komputer yang Benar
Namun sayangnya banyak masyarakat kita yang kurang memahami bagaimana cara merawat komputer yang di milikinya. Bahkan mereka lebih memilih membayar orang hanya untuk sekedar membersihkan komputer dan merawat komputer miliknya. Mungkin Anda juga termasuk bukan?. Untuk itulah kali ini saya akan membagikan postingan sederhana tentang tips bagaimana cara menjaga dan merawat komputer yang Anda miliki.
Namun sebelumnya, ada baiknya Anda mempersiapkan alat-alat dan juga bahan-bahan yang di butuhkan. Antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Obeng
  2. Kuas besar dan kecil
  3. Cairan khusus monitor
  4. Kain lembut dan Bersih dan
  5. Penyedot debu mini
Setelah bahan dan alat sudah Anda siapkan, sekarang adalah waktunya untuk membersihkan komputer Anda.

MONITOR
Komponen pertama yang harus Anda bersihkan adalah MONITOR. Semprotkan / oleskan Cairan khusus monitor yang sebelumnya Anda siapkan pada Layar LCD komputer Anda dengan rata, usahakan tidak ada bagian yang terlewatkan. Selanjutnya adalah dengan cara menggosokkan Kain lembut dan bersih secara perlahan, ratakan hingga semua bagian teroles Cairan yang sebelumnya di oleskan. Untuk cara penggosokkannya sendiri adalah dengan metode satu arah, hal ini dapat menghindari munculnya gores pada Monitor komputer Anda.

CPU (Central Processor Unit)
Bagian komputer yang memiliki banyak komponen adalah CPU, di dalam CPU inilah tempatnya komponen-komponen yang sering sekali terdapat debu dan kotoran.  Jika kotoran dan debu ini tidak segera Anda bersihkan, takutnya akan berdampak pada kerusakan komputer. Caranya adalah dengan membersihkan komponen dengan Kuas, gunakan kuas kecil untuk membersihkan debu yang sulit di jangkau dan gunakan kuas besar untuk membersihkan sisi luar CPU. Di sarankan dalam proses pembersihan, komputer sedang dalam posisi tidur, selain untuk mempermudah proses pembersihan, hal ini juga dapat menghindari debu jatu pada komponen-komponen rentan akan debu yang berada tepat di bawahnya.

Gunakan juga Penyedot debu mini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, khususnya pada daerah yang sulit di jangkau oleh kuas.

PROCESSOR
Bagian selanjutnya adalah bagian yang sangat fatal dari sebuah Komputer, yaitu Processor. Komputer yang sering restart sendiri dan lemot adalah sebab dari Processor Anda yang terlalu panas. Untuk mengurangi suhu panas pada processor, Anda dapat menggunakan Pasta dan cek Fan kipas processor. Caranya adalah buka kipas yang ada di atas processor Anda. Lepaskan processor dari slotnya, biarkan processor agar lebih dingin. Selanjutnya adalah olesi Pasta pada bagian bawah Fan kipas. Oleskan secara rata. Jika sudah silahkan pasang kembali Processor dan Fan Kipas Processor Anda.

KABEL
Terakhir adalah dengan cara mengecek kabel Anda, baik kabel yang berasal dari sumber energi dan yang menuju langsung ke CPU, dan juga kabel yang berasal dari CPU yang menuju ke MONITOR. Dengan cara trouble shooting cable, biasanya akibat yang di sebabkan kabel yang bermasalah adalah kurang maksimalnya listrik yang masuk ke CPU begitupun listrik yang masuk ke Monitor. Sarannya adalah sering melakukan perawatan pada kabel, jika di rasa kabel sudah rusak Anda dapat menggantinya dengan kabel yang lebih baru.

Tips di atas harus Anda praktekkan dan harus Anda aplikasikan langsung terhadap komputer milik Anda. Lakukan secara berkala untuk membuat komputer lebih awet dan tetap baru. Jika tidak Anda lakukan secara rutin, bisa di pastikan komputer Anda akan mengalami berbagai permasalahan. Mulai dari kerusakan monitor, dan juga pada komponen-komponen CPU Anda.

Mungkin hanya sampai di sini saja postingan yang berjudul Tips Merawat Komputer yang Baik dan Benar. Semoga dapat membantu :) terima kasih atas kunjungan Anda.
Bagikan Artikel :
 
About | Sitemap | Disclaimer | Privacy | Contact
Created by Creating Website - Powered by Blogger